Gerbang NOR


GERBANG NOR (NOR GATE)
Gerbang NOR (NOT OR) memiliki dua atau lebih dari dua sinyal masukan tetapi hanya satu sinyal keluaran. Untuk memperoleh keluaran tinggi, semua masukan harus berkeadaan rendah. Artinya NOR hanya mengenal masukan yang semua bitnya nol (rendah).
Gambar di bawah menunjukkan struktur logika dari sebuah gerbang NOR, yang merupakan gabungan dari sebuah gerbang OR dengan sebuah inverter. Dengan susunan gerbang tersebut, keluarannya adalah NOT dari hasil operasi OR pada masukan-masukannya. Semula gerbang ini dinamakan gerbang NOT-OR tetapi dapat disingkat menjadi gerbang NOR.
Gambar struktur logika gerbang NOR

Simbol
Simbol standar dari gerbang NOR ditunjukan dalam gambar dibawah. Perhatikan bahwa simbol gerbang NOT telah dihilangkan dan lingkaran kecil telah dipindahkan kepada keluaran gerbang OR. Lingkaran kecil mengingatkan kepada operasi inversi (NOT) yang menyusul operasi OR.
Gambar simbol gerbang NOR

Rangkaian Logika
Gambar berikut menunjukkan sebuah rangkaian logika yang equivalen dengan sebuah gerbang NOR. Operasi gerbang NOR dapat dijelaskan sebagai berikut. Jika masukan berupa keadaan rendah (saklar terbuka), keluaran akhirnya adalah tinggi. Jika salah satu masukannya rendah dan yang lainnya tinggi (saklar tertutup), maka keluarannya menjadi rendah (0) dan jika kedua masukanya tinggi (kedua saklar tertutup), keluarannya tetap rendah (0).
Gambar rangkaian yang ekuivalen dengan gerbang NOR

Persamaan Gerbang NOR
Persamaan tersebut dibaca " Y (bukan) NOT A (OR) B ".

Tabel Kebenaran
Hasil lengkap seluruh operasi dirangkum dalam tabel kebenaran. Gerbang NOR hanya mengenali masukan yang semua bitnya sama dengan 0. Dengan kata lain semua masukannya harus rendah untuk memperoleh keluaran tinggi.
Tabel kebenaran gerbang NOR

Gerbang NOR Dengan Masukan Lebih Dari Dua
Berapapun jumlah masukan yang terdapat pada sebuah gerbang NOR, struktur logikanya tetap ekuivalen dengan gabungan sebuah gerbang OR dan NOT. Pada gambar berikut menunjukkan gerbang NOR dengan 3 masukan.
Gambar gerbang NOR dengan 3 masukan

Sinyal-sinyal dari ke 3 masukan di-OR-kan kemudian hasilnya di-NOT-kan. Persamaan aljabar Boole untuk 3 masukan atau lebih adalah :
Analisa rangkaiannya adalah sebagai berikut. Jika semua masukannya rendah, operasi OR terhadap masukan-masukanya rendah, ini berarti keluran akhir tinggi. Jika satu atau lebih dari satu masukannya dalam keadaan tinggi, hasil operasi OR adalah tinggi dan keluaran akhir menjadi rendah.

Tabel Kebenaran
Tabel 11 membuktikan semua kemungkinan operasi gerbang NOR dengan 3 masukan. Jelas bahwa rangkaian ini hanya mengenali masukan yang semua bitnya 0. Artinya bahwa untuk mendapatkan keluaran yang tinggi, seluruh masukannya harus rendah.
Tabel kebenaran gerbang NOR dengan 3 masukan

Related

Komputer dan Jaringan 6847607398197705540

Side Ads

Facebook

Adv

item