Malaikat Yang Datang Sebelum Munkar-Nakir

Assalamu'alaikum sahabat blogger yang dirahmati Allah SWT, dipostingan kali ini saya akan membahas tentang  Malaikat Yang Datang Sebelum Munkar-Nakir.  Artikel ini mudah-mudahan bisa menambah wawasan kita terhadap ilmu agama dan juga agar kita selalu berbuat baik selama kita hidup didunia. Oke langsung saja:

 Malaikat Yang Datang Sebelum Munkar-Nakir

Malaikat yang datang sebelum Munkar-Nakir, sepertinya selama ini kita hanya mengenal malaikat yang menanyai di kubur hanya Munkar-Nakir. Tapi sebenarnya ada malaikat lain yang mengunjungi kita waktu di alam kubur sebelum Munkar-Nakir.

Diriwayatkan dari Abdullah bin Sallam, "Akan datang kepada mayit, sebelum Munkar-Nakir tiba, malaikat yang wajahnya bersinar seperti matahari. Ia bernama Ruman "Tulislah segala perbuatanmu selama di dunia, "Mana pensilnya?". "Gunakan darahmu sebagai tinta dan tanganmu sebagai pensil". "Dimana saya menulis, sedang saya tidak mempunyai buku", tanya mayit. Kemudian malaikat merobek kain kafannya untuk menulis. "Ini adalah bukumu, tulislah segala amal kebaikan dan keburukanmu". Si mayit kemudian menulis semua amal kebaikannya. Giliran amal keburukan, dia malu untuk menulisnya. "Wahai pedosa, kenapa engkau tidak malu kepada Penciptamu ketika melakukan kemaksiatan di duina, tapi sekarang malu kepadaku". Sambil berbicara malaikat mengambil palu dan memukuli tubuh mayit. Lalu sang mayit berkata, "Baik-baik, angkat palumu, aku akan menulisnya". Setelah selesai malaikat menyuruh untuk melipat dan memberi tanda. "Dengan apa akku memberi tanda, disini aku tidak membawa apa-apa" tanya si mayit. "Pakailah kukumu untuk stempel". Setelah distempel dan dilipat malaikat mengalungkan catatanya di leher si mayit.

"Dan tiap-tiap manusia itu telah kami tetapkan amal perbuatannya (Sebagaimana tetapnya kalung) pada lehernya. Dan kamu keluarkan bagunya pada hari kiamat sebuah kitab yang dijumpainya terbuka." (QS. al-Isra' 13).

Nanti di hari kiamat, Allah menyuruhnya untuk membaca seluruh amal perbuatannya. Ketika sampai pada amal kejelekannya, ia berhenti dan tidak mau melanjutkan. Allah kemudian bertanya, "Mengapa tidak kamu teruskan membacanya?". "Aku malu kepadaMu", jawabnya. "Kenapa harus malu, di dunia engkau melakukannya juga tidak malu, sekarang engkau malu kepadaKu" tanya Allah. Dia menyesal atas segala kemaksiata yang telah dilakukan di dunia. Dan penyesalannya tidak akan bisa memberi manfaat dan pertolongan.

Allah berfirman, "Peganlah dia lalu belenggulah tangannya ke leher. Kemudian masukkanlah dia ke dalam api neraka yang menyala-nyala Kemudian belitlah dia dengan rantai yang panjangnya tujuh puluh hasta".

Sungguh kita tidak bisa membayangkan bagaimana nanti di alam kubur. Makanya waktu yang ada di dunia ini mari kita gunakan untuk melakukan kebaikan, supaya mendapat ampunan dari Allah SWT. Wassalamualaikum.....

Related

Pendidikan Agama Islam 4053341618905196039

Post a Comment

  1. ane absen di tengah malam aja ya mas ? :D

    ReplyDelete
  2. semoga kita termasuk hamba allah yang gemar berbuat kebaikan mas dan berusaha menghindari perbuatan maksiat, amin

    ReplyDelete
  3. Ngeri bacanya mas...mudah2an saya mendapatkan Amupnan dari Allah SWT. Aamiiin

    ReplyDelete
  4. saya lagi komentar di pagi hari mas..makasih ilmunya

    ReplyDelete
  5. merinding kak,,,,
    moga kita selalu menjalankan yg terbaik,,,,,

    ReplyDelete
  6. jadi pengen bertaubat nih gan...
    ;((

    ReplyDelete
    Replies
    1. segeralah bertaubat gan, sama admin juga jadi pengen taubat ;(

      Delete
  7. ngeri juga ya gan, hrs cpt2 tobat nih,, he

    ReplyDelete
  8. wahhh jadi ingat akan dosa-dosaku setelah membaca artikel diatas,,aku adalah sebatang pensil tapi belum bisa menggoreskan kebaikan,mendingan jadi penghapus saja ach,siapatahu bisa menghapus keburukan,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bijak banget kang :D mulai sekarang marilah kita bertobat :)

      Delete
    2. hayoo atuh babarengan yah tobatnya,tapi harus taubatan nashuha eayahhh hehe

      Delete
    3. hahaha hayu wae ah :D rek iraha yeuh kang ? :p

      Delete
    4. daripada dihantui rasa takut, mending kita bertaubat gan :)

      Delete
  9. Selesai sholat subuh, enaknya jalan-jalan bentar ke tempat sahabat. Cuci mata sambil mencari pengetahuan baru. cheer!!!

    ReplyDelete
  10. semoga kita termasuk hamba allah yg dpt selamat di alam kubur maupun akhirat...

    ReplyDelete
  11. muda2 an kita orang2 yang termasuk dijalannya yah mas :)

    ReplyDelete
  12. Thanks semua postingan yang di atas menjadi teguran juga buat kita ternyata memamng tujuan akhir kita akan kesaana Juga ....semoga menjadi lebih baik

    ReplyDelete
  13. mari berlomba lomba dalam hal kebaikan

    ReplyDelete

Terimakasih telah membaca artikel di atas. Silahkan berkomentar dengan sopan.

emo-but-icon

Side Ads

Facebook

Adv

item