Membuat Salinan/Back Up Data Dan System Ke Penyimpanan Eksternal

Assalamu'alaikum Sadayana, Di Postingan Saya yang Ke-200 ini saya akan Menjelaskan tentang Cara Membuat Salinan/Back Up Data Dan System Ke Penyimpanan Eksternal Menggunakan System BackUp and Recovery dengan EaseUS Todo Back Up .
          Salah satu cara untuk membackup system operasi windows adalah dengan menggunakan utility system restore. Apabila tool ini dirasa belum cukup, maka kita bisa menggunakan software lain untuk melalukan backup and recovery system. Ada beberapa software yang bisa kita gunakan, salah satunya yang akan kita gunakan saat ini, yaitu “EaseUs Todo Backup”.

          Software ini mampu melakukan backup and recovery sistem secara on the fly untuk komputer yang menggunakan sistem operasi mulai dari Windows 2000, Windows XP, Windows Vista dan Windows 7. Aplikasi ini juga mensupport file sytem FAT12, FAT16, FAT32, NTFS pada hardisk jenis IDE, SATA, SCSI, USB removable disk, and Firewire disk dengan kapasitas sampai dengan 2 TB.
            Keuntungan Lainnya , Software ini Anda bisa menyimpan data backup anda di media Penyimpanan Eksternal yang anda inginkan seperti hard drive, CD/DVD, network dll. 

EASEUS Todo Backup ini memiliki beberapa fitur utama antara lain:
  1. Membackup dan merecovery sistem operasi dan aplikasi yang terinstall di komputer anda tanpa mengganggu kerja anda. Mendukung sistem operasi Windows 2000, XP, Vista dan Windows 7. 
  2. Membackup file dan folder apapun yang anda inginkan. 
  3. Memiliki Incremental Backup sehingga anda bisa membackup perubahan terakhir yang terjadi di komputer anda berdasarkan data backup terakhir anda. Hal ini tentu saja menghemat disk space dan waktu anda. 
  4. Anda bisa menyimpan data backup anda di media penyimpanan yang anda inginkan seperti hard drive, CD/DVD, network dll. 
  5. Anda bisa melindungi data backup anda dengan password sehingga tidak dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 
  6. Anda bisa menjadwal proses backup sesuai dengan keinginan anda apakah itu sekarang, harian, mingguan, maupun bulanan. 
  7. Dilengkapi dengan backup management untuk mengatur backup plan anda.
  8. Anda bisa mengakses file atau folder secara langsund dari image backup anda. Anda bisa mengcopy, merecover dll. 
  9. Memiliki fitur Disk Clone tool untuk mengcopy semua data di hard drive anda ke hard drive lainnya. Ini bisa anda manfaatkan untuk anda yang ingin mengupgrade hard drive anda namun tidak ingin menginstall ulang semua software anda lagi.
         Dalam kesempatan ini saya akan menggunakan EaseUs Todo Backup ini untuk membuat salinan (Back Up) Data dan System ke Penyimpanan Eksternal . Berikut Tutorial Menggunakan EaseUS Todo Back Up.

Membuat salinan (Back Up) Data dan System ke penyimpanan eksternal Menggunakan Software EaseUS Todo Back Up (Pihak Ke-3):
  • Download aplikasi EaseUs Todo Backup untuk melakukan system backup and recovey ini di http://www.easeus.com
  • Setelah didownload jalankan aplikasinya, tampilan awal dari program ini tampak seperti gambar dibawah: 
  • Pilih System Backup pada main menu lalu tentukan folder tempat peyimpanan baik internal maupun Eksternal, lalu klik Proceed.


  • Setelah selesai klik Finish, dan sekarang kita telah memiliki sebuah image dari system yang saat ini digunakan. 
  • Untuk melakukan Recovery System, pilih tab Recovery kemudian cari folder tempat penyimpanan image file yang telah dibuat, yaitu SystemBackup Task.PBD, kemudian klik Next
  • Pada jendela selanjutnya pilih hardisk untuk recovery. Ingat restore system ini tidak sama dengan restore partition sehingga hardisk yang kita pilih sebagai lokasi restore, haruslah sama dengan hardisk yang systemnya telah kita backup. Klik Proceed untuk memulai restore system.
  • Akan ada peringatan "The data on the destination disk will be lost", oleh karena itu apabilia kita mempunyai data-data di drive C maka harus di copy dulu ke partisi atau hardisk lain. Klik OK

“Selesai”
Demikian Tutorial Membuat salinan (Back Up) Data dan System ke penyimpanan Eksternal Menggunakan Software EaseUS Todo Back Up. Semoga Bermanfaat. Wassalam :)

Related

Info dan Trik 8957059192663703929

Post a Comment

Terimakasih telah membaca artikel di atas. Silahkan berkomentar dengan sopan.

emo-but-icon

Side Ads

Facebook

Adv

item