Cara Membuat Twitter BOT

Cara Membuat Twitter BOT
Twitter merupakan social network yang sangat populer akhir-akhir ini. Tapi siapa yang tahu kalau twitter bisa digunakan sebagai sarana spam yang sangat mudah? Selain menggunakan akun milik sendiri, kita bisa menggunakan yang saya sebut Twitter Bot.
Twitter bot adalah sebuah akun twitter yang melakukan tugas yang diberikan kepadanya secara otomatis seperti robot. Itulah mengapa disebut twitter bot. Robot yang beroperasi di Twitter fungsinya yaitu untuk:
  1. Mention Otomatis
  2. RT Otomatis
  3. Tweet Otomatis
  4. dan tentunya cocok untuk Promosi Twitter anda :D 
Ok, sekarang sampailah kita ke pembahasan utama kita, cara membuat twitter bot gratis menggunakan Yahoo Pipes, Feedburner dan Twitterfeed.

Sekarang mari kita mulai membuat twitter bot kita.

1. Masuk ke halaman Twitter Search, lalu ketikkan kata kunci anda dengan advanced operator berikut di search box :


“kata kunci 1” OR katakunci2 -source:twitterfeed -filter:retweets

Kita memfilter tweet yang dipost dari twitterfeed karena tweet yang diposting dari twitterfeed biasanya adalah tweet otomatis. Kita juga memfilter retweet karena kita menginginkan tweet yang diposting sendiri oleh pengguna twitter. O ya, kalau kata kunci anda adalah frase alias terdiri dari dua kata atau lebih, tuliskanlah kata kunci anda itu dengan tanda petik ( “kata kunci” ).

2. Di halaman hasil pencariannya, copy URLnya setelah /search/ lalu paste di belakang URL rahasia berikut :
http://search.twitter.com/search.atom?q=

Misalnya kita ingin membuat Twitter Bot dengan kata kunci bijak atau kata kata bijak, maka di kotak search Twitter saya harus mengetikkan
bijak OR kata kata bijak -source:twitterfeed -filter:retweets

Halaman hasil pencariannya akan memiliki URL :
https://twitter.com/search?q=bijak%20source%3Atwitterfeed%20-filter%3Aretweets&src=typd

Kita copy URL di belakang /search/ lalu kita paste di belakang URL rahasia tadi sehingga menjadi
http://search.twitter.com/search.atom?q=bijak%20source%3Atwitterfeed%20-filter%3Aretweets&src=typd

"Ini adalah URL RSS yang akan kita tarik ke Feedburner, silakan dicopy dulu ke Notepad."

3. Masuk ke halaman Feedburner, lalu paste URL tadi ke kolom di bawah tulisan “Burn a feed right this instant. Type your blog or feed address here:” lalu klik NEXT.
Di halaman berikutnya, kita akan melihat URL RSS Twitter Bot kita seperti ini :


URL RSS kita adalah http://feeds.feedburner.com/BijakSourcetwitterfeed-filterretweets-TwitterSearch. Catatlah URL anda di Notepad. Klik “Skip directly to feed management” karena kita tidak membutuhkan statistik feedburner.


4. Feedburner beres, sekarang kita menuju ke Yahoo Pipes.
Langkah ini agak rumit. Untungnya anda tidak perlu berumit-rumit ria karena saya telah menyediakan script yahoo pipes yang bisa anda copy. Silakan menuju ke pipesnya DISINI



  • Anda tinggal login dengan akun Yahoo anda lalu klik CLONE.
  • Kemudian, kita edit kloningan pipes itu dengan cara klik EDIT SOURCE yang letaknya di sebelah kiri tombol CLONE tadi. Anda akan dibawa ke tampilan source pipes itu. Mungkin akan tampak ruwet, tapi sebenarnya tidak. Yang perlu anda lakukan hanyalah mengedit kotak pertama di sebelah kiri atas. 
  • Gantilah URL feed yang ada di situ dengan URL feed anda dari feedburner tadi.


  • Kotak ke tiga adalah filter untuk memblokir tweet yang berupa reply. Kita hanya ingin memerintahkan Twitter Bot kita untuk mereply tweet utamanya, bukan replynya. Kotak ke empat berfungsi untuk menggenerate tweet yang akan kita post. Sedangkan kotak ke lima adalah untuk mengkustomasi tweet yang akan kita post nanti. Dalam gambar di atas, tweetnya nanti akan berupa retweet dengan format RT @user tweet asli. Anda bisa mengkustomasinya misalnya dengan mengganti RT dengan kalimat apa saja. Ingat, kalimatnya jangan panjang2. Ntar malah tweetnya tidak memuat nama user yang kita reply.
  • Kalau sudah, klik SAVE. Sekarang mari kita tes pipes kita dengan mengklik RUN PIPE di bagian atas bagan pipes tadi. Kalau error atau hasil test run pipe masih memperlihatkan feed dari pipe aslinya, tunggu sebentar supaya feed kita terrefresh, kemudian coba Run Pipe lagi. Kalo belum lagi, ulang terus sampai pipes anda menghasilkan feed dari feedburner anda sendiri. Yahoo pipes perlu beberapa saat untuk merefresh input feednya.


Kalau sudah muncul tweet-tweet yg kamu pipes,

5. Langkah terakhir di Yahoo Pipes ini adalah mendapatkan RSSnya dengan cara mengklik GET AS RSS. Di halaman yang terbuka, copy URL yang ada di kotak URL browser anda.

6. Buka twitterfeed.com lalu login atau buatlah akun baru. Di halaman New Feed, beri nama RSS Twitterfeed anda lalu masukkan alamat RSS dari Yahoo Pipes tadi. Anda juga bisa mengkustomasi frekuensi update tweet anda dan beberapa setting lainnya dengan mengklik ADVANCED SETTINGS. Saran saya, frekuensi update pilih Every hour dan anda bisa pilih 5 tweet sekali post. Kalau anda ingin pilih tiap 30 menit, pilih 1-2 tweet sekali post supaya tidak dianggap spam oleh Twitter. Pada bagian Post Content, pilih “title only” atau terserah anda. Di Advanced Settings anda juga bisa menambahkan kata2 di depan atau di belakang tweet anda di kolom Post Prefix dan Post Suffix. Setelah itu klik CONTINUE TO STEP 2.


Di Step 2 ini kita akan memberi ijin twitterfeed untuk mengupdate tweet kita secara otomatis. Pastikan anda login di akun twitter bot anda sebelum menekan tombol Authenticate Twitter Using OAuth.

Setelah mengklik tombol Authenticate Twitter Using OAuth anda akan dibawa ke situs Twitter. Klik Authorize app, lalu anda akan dibawa kembali ke Twitterfeed. Setelah itu klik CREATE SERVICE lalu klik ALL DONE.
Selesai ! Twitter Bot anda sudah jadi, dan Twitterfeed akan mengupdate akun twitter anda secara otomatis sesuai setting yang anda tentukan tadi. Contoh twitter bot yang saya buat waktu bikin postingan ini bisa anda lihat di akun twitter :)

Kata Kunci :
Cara Membuat Twitter Bot, Cara Mudah Membuat BOT Twitter Via Twitterfeed, Membuat Bot Twitter, Cara Membuat Bot di Twitter, Twitter Bot maret 2013, Cara membuat tweet otomatis, cara membuat mention otomatis, cara membuat RT otomatis, cara membuat retweet otomatis, cara membuat tweet otomatis, cara membuat tweet banyak dengan cepat, cara membuat promosi di twitter.

Related

Info dan Trik 106852722659566226

Post a Comment

  1. ini tutorial lama... masih berlaku kah? sudah pernah coba?
    bisa lihat bukti nyatanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih berlaku. dan sampe sekarang saya memakainya. lihat di twitter saya @Sunandar_ lihat tweet yang berawalan "Aagym:" dan lihat via nya. pasti via Twitterfeed.

      Delete
  2. ane mau komentar apa ya?
    ane coba dulu aja, ntar kasih komentar :)

    ditunggu kunjungan balik
    http://agusls.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi oke deh gan.. semoga berhasil :))

      Delete
    2. Wah gagal ane gan
      Gagal disini 3. Masuk ke halaman feedburner
      Bukti : http://prntscr.com/1b3q4l

      Delete
    3. coba buat dengan feed yang baru..

      Delete
  3. sekarang sudah gak bisa bikin rss dari twitter search gan.... munkin bisa share solusi lain?

    saya bbrp bulan lalu bikin sih masih sukses... per juni ini sudah gak bisa.... ;-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pakai yg ini http://nandarious.blogspot.com/2013/05/cara-auto-tweet-dan-auto-replay-tweet.html :)

      Delete

Terimakasih telah membaca artikel di atas. Silahkan berkomentar dengan sopan.

emo-but-icon

Side Ads

Facebook

Adv

item