Gerbang OR


GERBANG OR (OR GATE)
Gerbang OR memiliki dua atau lebih dari dua sinyal masukan tetapi hanya satu sinyal keluaran. Jika salah satu sinyal masukannya tinggi maka sinyal keluaran akan semakin tinggi.

Rangkaian Ekuivalen Gerbang OR Dioda
Gambar berikut menunjukkan satu cara untuk membuat sebuah gerbang OR. Bila Kedua masukan dalam keadaan rendah, keluarannya akan menjadi rendah. Bila salah satu masukannya tinggi maka dioda yang mendapat tegangan masuk tinggi akan menghantar dan keluarannya menjadi tinggi. Karena mempunyai dua buah masukan rangkaian ini disebut gerbang OR dua masukan.
Gambar desain gerbang OR Dioda
Tabel 4 merangkum operasi dari gerbang OR dua masukan; biner 0 mewakili tegangan rendah dan biner 1 mewakili tegangan tinggi. Perhatikan bahwa bila satu atau lebih dari satu masukan dalam keadaan tinggi, maka kelauarannya menjadi tinggi.
Tabel kebenaran gerbang OR

Rangkaian Logika
Gambar berikut menunjukkan sebuah rangkaian logika yang equivalen dengan sebuah gerbang OR
Rangkaian logika yang ekuivalen dengan gerbang OR

Simbol dan Fungsi
Gambar simbol dan persamaan gerbang OR

Tabel Kebenaran
Dalam penyusunan tabel kebenaran (truth table), jumlah masukan selalu sama dengan , dimana n adalah jumlah bit masukan. Jika OR dengan 2 masukan maka tabel logika terdiri dari atau 4 buah masukan.
Tabel kebenaran gerbang OR

Gerbang OR Dengan Masukan Lebih Dari Dua
Gambar berikut menyajikan sebuah gerbang OR 3 masukan. Jika semua masukan rendah, semua dioda dalam keadaan terputus dan keluarannya berupa keadaan rendah. Jika satu atau lebih dari suatu masukan tersebut dalam keadaan tinggi maka kelauaranya menjadi tinggi.

Tabel Kebenaran
Dalam penyusunan tabel kebenaran (truth table), jumlah masukan terdiri dari atau 8 bit masukan.


Tabel kebenaran gerbang OR dengan 3 masukan

Related

Komputer dan Jaringan 4476234720646412168

Post a Comment

Terimakasih telah membaca artikel di atas. Silahkan berkomentar dengan sopan.

emo-but-icon

Side Ads

Facebook

Adv

item