Materi Pesantren Kilat "TAATLAH KEPADA ORANG TUA"

Assalmu'alaikum wr. wb
Dipostingan kali ini saya akan bagi-bagi pengalaman saya nih pas Pesantren Kilat di Sekolah tadi pagi. Langsung saja.

Saya Sunandar, sekolah di SMK Negeri 1 Karawang. Karena Bulan ini adalah bulan Ramadhan disekolah saya mengadakan yang namanya Pesantren Kilat. Kegiatan rutin dari tahun ke tahun. Alhamdulillah dengan adanya kegiatan ini, saya mendapat banyak sekali Ilmu-Ilmu Kehidupan yang bisa Memotivasi saya untuk menjadi Manusia yang lebih baik.

Tema Materi Pesantren Kilat Hari ini yaitu bisa dikatakan "TAATLAH KEPADA ORANG TUA".
Mungkin inilah awal dari sebuah Cerita atau Pengalaman Guru saya hingga ia menjadi Sukses saat ini. Pesantren kilat hari ini, saya mendapatkan Poin-Poin penting yang bisa saya petik atau garis bawahi. yaitu:

Taatlah Kepada Orang Tua

=> Poin 1 :
Awal Acara, Kami di tanya 1persatu oleh Guru saya :
"APAKAH YANG AKAN KAMU LAKUKAN UNTUK MEMBAHAGIAKAN ORANG TUA MU"
Sebuah pertanyaan yang menurut saya penuh dengan Motivasi untuk hidup saya karena pertanyaan inilah awal dari hidup kita dimassa yang akan datang. dengan Lantang saya Menjawab:
"Saya Ingin Menjadi Anak Sholeh untuk Orang tua saya, Saya Ingin Menjadi Anak yang bisa dibanggakan dengan cara Berprestasi di Sekolah". 
Mungkin jawaban inilah yang membuat patokan hidup saya untuk kedua orang tua saya. Entah saya bisa melakukannya atau tidak.

Guru saya pun menjelaskan Kembali. "Cita-Cita kalian semuanya sangatlah Mulia". tapi sebelum itu ada 1hal KECIL yang mudah untuk Membahagiakan/Membanggakan Orang tua yaitu dengan cara:
Mencuci Pakaian Sendiri, Sepatu, Menggosok Pakaian Sendiri, apapun dilakukan dengan sendiri. dijamin itu bisa membanggakan Orang tua kita. pasti mereka akan merasa bahagia kalau anaknya sangat mandiri dan mungkin Orang Tuamu akan bercerita kepada tetangga-tetangga tentang kegiatan kamu seperti yang diatas.
Setelah saya berpikir, wah iya juga ya, ngga kepikiran :D hehe

=> Poin 2 :
Untuk Meraih Kesuksesan itu Harus Sakit Dulu

Harus diinget, Sakit disini bukan Sakit Karena sebuah penyakit atau apa, sakit disini dalam artian kita harus berprihatin dulu untuk meraih kesuksesan toh nanti hasilnya bakal Indah :)
Contoh dalam Artian :
Ketika Kita sedang Berpergian dengan teman, Kita bingung mau memilih jalan yang Mana, Kalo kita Mundur jalanan dibelakang Macet, Kalo ke Kiri jalannya Jelek, Ada 1 jalan bagus nih. trus kita memilih jalan yang Bagus itu, kata temen kita "Jangan jalan situ, soalnya kita ngga tahu jalannya kemana" kata kita "Ah, Terserah saya pengen lewat sini aja soalnya jalannya bagus, kalo jalan kekiri jelek". lalu pergilah kita ke jalan yang bagus itu. setelah kita melaju dan ternyata di tengah-tengah ada jurang dan tidak ada jembatan. 
Nah, disitulah. pasti kita bingung kan mau kemana lagi. Semua itu Salah, Seharusnya Kita Memilih Jalan yang jelek terlebih dahulu, karena diujung jalan yang jelek itu pasti ada jalan yang bagus juga. 

Sama dengan kehidupan kita, "Kita Harus Berjuang dengan Prihatin dulu, keluarkan semua kemampuan kita untuk meraih kesuksesan itu. Tidak langsung indah di Awal."

Itulah Awalan dari Bekal Kesuksesan kita.


Mungkin itu saya yang dapat saya sampaikan. Sebenernya masih ada banyak cerita yang Guru saya sampaikan di Pesantren Kilat tadi Pagi. Namun hanya itu saja yang saya sampaikan , karena terlalu panjang juga. setidaknya ada pelajaran hidup yang dapat kita patut untuk dicontoh :)
Sekian dari Saya, Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Related

Motivasi 4210255070996997635

Post a Comment

  1. Memang kebanyakan orang tua tidak ingin balas budi dari anaknya. Hal-hal kecil terkadang bisa menyenangkan orang tua, seperti kata ustadz-nya

    ReplyDelete
  2. Iya ya, terkadang hal2 kecil lah yg mmbuat orang tua kita bahagia, dgn sdikit perubahan di diri kita pun tntunya beliau akan merasa senang. Tapi tntunya kalau bisa kita harus ttp mrancang sbuah rncana besar buat menyenangkan ortu kita, dgn brbagai cara yg kita bisa

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. hahaha sabar sob.. mungkin lain waktu juga bisa :) makanya sering2 ke blog saya gan :)) heheh

      Delete
    2. haha..
      buruan gan di update lagi ane udh pantengin dri tadi ni :D

      Delete
  4. ini baru anak sekolah yg bner2 sekolah :D

    saya dulu waktu skolah nggak pernah ikut pesantren kilat :-)

    btw, gagal pertamax ;((

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha anak nakal ya disekolahnya :p
      hahaha makanya sering2 ke blog saya gan :) wkwkw

      Delete
    2. akhir2 ini lagi sibuk gan jd jarang online..
      gan, bantu review alexa donk, hehe :)

      Delete
    3. sama gan, saya sekolah sih, coba aja kalo ngga sekolah pasti tiap hari ngebloging :D wkwk

      Delete
    4. saya lg sibuk cari kerja gan, bosan nganggur melulu, kerjaannya cuma ngeblog, mau dikasih apa ntar istrinya ? haha :D

      kan pgen juga bahagiain orang tua (b)

      Delete
    5. haha oke deh :-d
      nah itu gan :)

      Delete
  5. salam, terima kasih sekali atas paparannya, luar biasa jika ikhlas melakukannya dari hal-hal yang kecil.
    semoga sukses ya.

    ReplyDelete
  6. poin kedua itu memang pakem, tapi gak selalu harus sakit dahulu untuk meraih kesuksesan, banyak kasus orang sukses gak diawali dg bersakit dahulu, walau kualitasnya tentu berbeda dg orang "berskit" dahulu. tapi kalo kata "sakit dahulu" diganti dg bersungguh2, saya setuju. dan terjadi di semua bentuk kesuksesan. nais sharing gan

    ReplyDelete
  7. makanya dicamkan petuah gurunya yah.
    komentarnya pendek azh ah....diahnya juga pendek2 kalau komen...;o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya gan :)
      wkwkw komentar ga perlu panjang2 gan, yang penting kehadiran :p

      Delete
    2. harusnya di panjangin dikit kang... kunjungan balik gan ...heheheeh

      Delete
    3. apanya yang dipanjanging gan ? Oke deh :)

      Delete
    4. hus... ramadhan ini. gak enak ngomng yg panjang2... ahahhahay *kabooorr....

      Delete
  8. jadi ingat ibu bapak saya gan :)

    ReplyDelete
  9. Jadi inget pas sma dulu, pakaian saya masih sering dicucikan ortu. Ya Allohhh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga astaghfirullah, saya anak yang gak tau terima kasih nih

      Delete
    2. makanya mulai dari sekarang gan, perbaiki diri :)

      Delete
  10. berakit2 ke hulu berenang2 ke tepian, bersakit2 dahulu bersenang2 kemudian ^_^

    ReplyDelete
  11. kita semua ini adalah calon orang sukes hahahay..

    ReplyDelete
  12. bener banget gan orang tua adalah orang pertama yang harus kita hormati dan taati :D

    ReplyDelete
  13. Sukses itu berawal dr kegagalan. Namun yg menarik adl, jika kita mau belajar dr mereka yg sdh sukses mk kegagalan2 itu bs diminimalisir... setidaknya kita tdk mnglami kegagalan spt yg trjadi pd mereka... meski tdk ada sukses yg "nol kegagalan".

    ReplyDelete
  14. MAs nandar Mas Nandar Artikelnya bagus...
    :)
    Oh ya... mas nandar pasang Slider . Code yang Dari @agitanugrah.com yang di atas </head di pasang nggak... Terimakasih ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipasanglah gan :) tapi yang bawahnya aja, bukan yang jquerynya :)

      Delete
    2. punyaku ko ngga bisa ya.... :( padahal uda betul... punya saya macetnya sama kaya orang ini http://icuk-sugiarto.blogspot.com/
      Kalo bisa tolong di tanyakan ya mas nandar.. :( saya udah tanya tapi jawabnya lama:(

      Delete
    3. pertanyaan saya juga belum dijawab gan sama dia.

      Delete
  15. ALHAMDULILAH... MAS NANDAR BISAAA....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah syukur alhamdulillah ya :)

      Delete
    2. bikin tobol di pesan ko ngga jadi jadi si mas nandar.. ??

      Delete
    3. tombol di dalam kotak pesan ....

      Delete
    4. bisa disini http://blog.kangismet.net/2013/05/membuat-judul-pada-pesan-formulir-kommentar.html bisa juga disini http://blogcunayz.blogspot.com/2012/06/cara-modifikasi-kotak-komentar-blogger.html

      Delete
    5. Ambil yang http://blogcunayz.blogspot.com/2012/06/cara-modifikasi-kotak-komentar-blogger.html ini aja dech... :)
      Mas tuker link yuk

      Delete
    6. ok gan..
      boleh :) http://nandarious.blogspot.com/2013/03/tukar-link.html

      Delete
  16. wah info baru lgi nih :D nggk capek mas ,, nulis segitu banyaknya ??? :-d

    tukeran link yuk ??? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga gan, itung2 belajar nulis :)
      boleh gan :D tukaran linknya gimana nih? mau disini : http://nandarious.blogspot.com/2013/03/tukar-link.html ? :))

      Delete
    2. terserah mas ,, mau di taruh dimana :)

      Delete
    3. udah di pasang mas ,, link saya pasang dong mas ??? :D

      Delete
    4. oke gan biar saya tambah di widget gan :)

      Delete
  17. postingan yang sangat bermanfaat sobat

    ReplyDelete
  18. sampai saat ini saya belum bisa membahagiakan orang tua heu :(

    ReplyDelete
  19. semoga bs diamalkan setelah lepas dr pasantren kilat.., jgn hny teori doang! :)

    ReplyDelete
  20. Rasanya saya belum bisa memberikan apa-apa buat orang tua sob
    Pelajaran yang berharga

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau belum pernah memberikan apa^ buat org tua itu namanya keterlaluan sob

      Delete
    2. Muroi El-Barezy wah mulai skrg dong gan, kasih apa yang kita bisa aja :)

      Delete
    3. Penyuluh Perikanan Betul gan :)

      Delete
    4. jika semua harta yang kita punya diberikan kepada orng tua kita, itu hanya bisa membalas satu kebaikan saya, yaitu saat ibu kita melahirkan, belum yang lainnya, mengandung, menyusui, membesarkan kita..makanya saya merasa belum bisa memberikan apa-apa sob....

      Delete
    5. berikan yang terbaik aja gan :)

      Delete
  21. Menjadi sukses memang kebanyakan sakit dahulu tapi ada juga yang nggak. Apapun jalan yang akan kita pilih, sungguh-sungguhlah melakukannya. Insyaallah sukses!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ada sukses yang ngga sakit gan :)

      Delete
    2. ada kok mas nandar, tapi ini cuma 1 kejadian dari 1000 orang yang sukses :P

      Delete
  22. kalau orang tua ndak mengharapkan balas budi dari anaknya ... melihat anaknya sukses dan sholeh juga sudah bahagia... betul tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti sobat, ..inilah yg namanya orang tua yg baik bagus dan bener, bukankah begitu Mangyono

      Delete
  23. ane masih libur mas makanya blum pesantren kilatt,,materi nya enak didengerin,materi yg mendidik

    kunjungan balik ny ane tunggu mas

    ReplyDelete
  24. cukup nyesel sih ane kalo marah2 ke ortu coz ng pernah buat ortu bangga ane hauahau

    ReplyDelete
  25. selagi orang tua kita masih ada bahagiakanlah jangan sampai menyesal nantinya..
    surga berada ditelapak kaki ibu.

    ReplyDelete
  26. hiks hiks belum bisa ngebahagiain orang tua mas =)) yang ada cuma bisa bikin susah orang tua ;-(


    ReplyDelete
    Replies
    1. wah keterlaluan itu gan.. mulai skrg rubah sikap gan, selagi orang tua kita masih ada bahagiakanlah jangan sampai menyesal nantinya..

      Delete
  27. artikelnya sangat bagus sekali mas, ini juga akan menjadi pelajaran dan bahan pengetahuan buat saya, terus teramg saya sangat senang membaca artikel ini mas

    Terima kasih banyak sudah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih juga gan :)
      dan sama2 juga :))

      Delete
  28. semoga kita bisa membahagiakan orang tua kita,,,,

    ReplyDelete
  29. nah itu di ingat baik baik kata ustadznya mas,

    ReplyDelete
  30. terharu.... speechless :') .

    ReplyDelete
  31. wah lumayan nih gan bwt kultum dimushalla :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya mas, ko pesan ane yg digmail ga dibalees.. @-)

      Delete
    2. oke gan :)

      ane masih sibuk nih gan.. nanti aja :))

      Delete
  32. wah komentar saya yg diatas nggak di bls sama mas nandar ;((

    ReplyDelete
  33. Jadi rindu ma emak dan bapak Boku..

    ReplyDelete
  34. Kunci dari kehidupan dalam mebuka jalan menuju keberhasilan.


    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bgt tuh gan :)

      salam balik :) hehehe

      Delete
  35. bagus artikelnya mas, bermanfaat untuk di jadikan pelajaran

    ReplyDelete
  36. satu point yang saya kutip dari postingan ini
    'kesuksesan itu harus sakit dulu'..! Makasijh pencerahan nya.

    ReplyDelete
  37. sedih bacanya. ;-(
    setelah tamat SMA nanti saya akan berjanji Mas untuk membahagiakan Kedua Orang Tua saya

    ReplyDelete

Terimakasih telah membaca artikel di atas. Silahkan berkomentar dengan sopan.

emo-but-icon

Side Ads

Facebook

Adv

item