5 Fakta Menarik Benua Antartika

Tahukah agan tentang Benua Antartika?

Antartika merupakan benua yang meliputi Kutub Selatan Bumi. Tempat terdingin di muka bumi ini sebagian besar tertutup es sepanjang tahun, dengan suhu yang mencapai -85 dan -90 derajat Celsius di musim dingin dan 30 derajat lebih tinggi di musim panas. Benua ini juga memiliki ketinggian tanah rata-rata tertinggi, kelembaban rata-rata terendah, dan suhu rata-rata terendah di antara semua benua di bumi. Sebenarnya masih banyak fakta dari benua Antartika yang mungkin belum kita ketahui, menarik untuk ditelusuri. Apa saja fakta tersebut, berikut ulasannya.


1. Tidak Ada Beruang Kutub di Antartika

Beruang Kutub atau beruang es, termasuk beruang paling karnivora di antara keluarga beruang lainnya. Beruang kutub ternyata tidak hidup di Antartika, dan mereka hanya tinggal di bagian artik yang berlainan. Hewan ini adalah hewan asli daerah Kanada, Alaska, dan berbagai negara bagian bumi utara lainnya. Terlalu dingin bagi beruang kutub untuk bisa hidup di Antartika.


Makanan utama Beruang kutub adalah ikan dan anjing laut. Jika punya kesempatan, beruang kutub mungkin akan memangsa penguin. Namun beruang kutub hanya hidup di kutub utara, sementara penguin hidup di kutub selatan. Oleh karena itu keduanya hidup di alam yang berbeda.
2. Terdapat Sungai di Antartika
Salah satunya adalah sungai Onyx. Sungai ini merupakan aliran air lelehan yang mengalir menuju Danau Vanda melalui Lembah Wright. Sungai Onyx adalah salah satu situs dunia yang banyak dipelajari oleh United States Antarctic Program dariNational Science Foundation. Karena iklim yang ekstrim, sungai ini hanya mengalir selama dua bulan di musim panas Antartika. Panjang sungai 40 km, sementara ikan tidak dapat hidup di sungai Onyx. Mesipun begitu, sungai ini mendukung kehidupan mikroskopis dan ganggang yang hidup di dalamnya.


3. Tempat Paling Kering di Bumi
Salah satu fakta yang paling menarik tentang Antartika adalah pertentangan antara iklim kering dan jumlah air (70% dari air segar di Bumi). Benua Antartika merupakan tempat paling kering di planet ini. Bahkan gurun terpanas di dunia memiliki jumlah curah hujan lebih banyak dari pada lembah kering di sebuah daerah di Antartika. Seluruh daerah di kutub selatan hanya menerima curah hujan 10 cm (3,9 inci) per tahun.


4. Penduduk
Tidak ada habitat manusia yang hidup di Antartika. Satu satunya orang yang tinggal di sana untuk waktu yang 
cukup lama merupakan bagian dari komunitas ilmiah yang sedang melakukan penelitian. Pada musim panas, terdapat 5000 ilmuwan yang tinggal sementara di Antartika. Namun, selama musim dingin, berkurang menjadi 1000 ilmuwan yang menetap untuk tetap bekerja.


5. Penguin Kaisar

Kutub selatan adalah satu satunya tempat di bumi dimana populasi penguin Emperoratau dikenal dengan penguin kaisar dapat ditemukan. Penguin kaisar adalah yang tertinggi dan memiliki ukuran paling berat dari semua spesies penguin lainnya. Tinggi badannya mencapai lebih dari 1 meter dan bobot lebih dari 35 kg. Populasi Penguin kaisar bisa bertahan di belahan dunia paling selatan dengan suhu terendahnya mencapai -73° celcius. Mereka bersarang di sepanjang wilayah tepi pantai benua Antartika.

Penguin kaisar dapat bertahan hidup di suhu dingin karena lapisan lemak setebal 2-3 cm pada tubuhnya, berguna untuk menyimpan panas dan memisahkan udara dingin dari luar. Fakta menarik nya adalah, Penguin kaisar memiliki penglihatan yang sangat bagus sehingga memungkinkan dia untuk melihat di dalam kedalaman laut yang gelap. Jumlah populasi penguin telah menurun 50% selama kurun waktu 50 tahun terakhir. Penyebab utamanya justru karena berkurangnya luas wilayah yang tertutup es di Antartika karena pemanasan global. (**)


Sumber : bagus seven.blogspot.com

Related

Ilmu Pengetahuan Umum 7698133128556452772

Poskan Komentar

Terimakasih telah membaca artikel di atas. Silahkan berkomentar dengan sopan.

emo-but-icon

Side Ads

Facebook

Adv

item