Makanan Yang Baik Untuk Jantung

Jantung
Gambar penampang melintang jantung manusia
  • Latin : Cor
  • Sistem organ :  Kardiovaskular
Jantung (bahasa Latin, cor) adalah sebuah rongga, rongga organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Istilah kardiakberarti berhubungan dengan jantung, dari kata Yunani cardia untuk jantung. Jantung adalah salah satu organ manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah.

  • Makanan sahabat untuk jantung :
1. Tofu
Tinggi kandungan kalsium dan vitamin, tofu tak hanya baik untuk kesehatan jantung tetapi baik juga untuk para pelaku diet yang ingin menurunkan berat badan. Banyaknya kolesterol baik, akan membantu menurunkan resiko terserang penyakit jantung.

2. Pisang
Tinggi akan potassium, buah yang satu ini dapat membantu menurunkan detak jantung pada penderita darah tinggi. Sehingga, detak jantung tetap pada angka yang seimbang.

3. Kismis
Remeh tetapi penting. Kismis kaya kandungan potassium dan rendah sodium. Para peneliti mengatakan bahwa kismis dapat menyembuhkan tachycardi (kondisi sakit jantung yang cukup serius, di mana detak jantung sangat cepat dan melebihi angka normal biasanya) secara alami.

4. Bayam
Sayuran hijau ini kaya kandungan magnesium. Magnesium sendiri berguna untuk membantu menjaga keseimbangan detak jantung.

5. Kacang almond
Almond kaya akan antioksidan dan vitamin lain yang baik untuk mencegah penyakit jantung, membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan membantu mengendalikan nafsu makan.

6. Susu
Kaya akan kalsium, susu juga bahan yang sangat baik untuk diet. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan detak jantung menjadi tinggi. Apabila Anda ingin menyeimbangkan detak jantung, maka yang harus Anda lakukan adalah mengonsumsi makanan dan minuman tinggi kalsium.

7. Labu
Labu adalah menu makanan lain yang kaya kandungan magnesiumnya. Membantu menyeimbangkan detak jantung, serta menurunkan detak jantung yang tinggi.

8. Ikan
Ikan seperti tuna, salmon, mackarel, sarden, adalah jenis ikan yang kaya akan omega-3. Nutrisinya sangat baik untuk jantung dan efektif membantu mengontrol detak jantung.

9. Alpukat
Buah yang kaya kandungan potassium ini juga termasuk
buah baik yang disarankan untuk membantu mencegah penyakit jantung. Mengandung lemak nabati yang baik untuk mengontrol kolesterol jahat.


  • Jantung arteri koroner
Jantung arteri koroner disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah oleh akumulasi plak yang terdiri dari lemak, kolesterol, kalsium dan endapan lain pada dinding bagian dalam arteri.

Penyakit tersebut dapat ditandai :
dengan gejala rasa sakit dan berat di tengah dada , napas pendek, rasa sakit pada rahang
atau lengan, mulas, mual, muntah dan berkeringat. Kaum wanita lebih kebal dari serangan penyakit jantung arteri koroner dibanding laki-laki karena memiliki hormon estrogen.
  • Statistik
Menurut data peneliti, serangan jantung mengakibatkan 42 persen kematian di seluruh dunia.

Related

Ilmu Pengetahuan Umum 4834613880358920735

Post a Comment

Terimakasih telah membaca artikel di atas. Silahkan berkomentar dengan sopan.

emo-but-icon

Side Ads

Facebook

Adv

item