KOMPUTER DAN PERKEMBANGANNYA
https://nandarious.blogspot.com/2012/07/komputer-dan-perkembangannya.html?m=0
DEFINISI KOMPUTER :
Komputer merupakan suatu perangkat elektronika yang dapat menerima dan
mengolah data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan
dalam memori, serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu.
Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti
menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan
peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.
Menurut Hamacher :
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat
menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan
program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa
informasi.
Menurut Blissmer :
mengatakan bahwa, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu
melakukan beberapa tugas sebagai berikut: menerima input, memproses
input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil
dari pengolahan, menyediakan output dalam bentuk informasi.
Menurut Fuori :
berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat
melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika
dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
SISTEM KOMPUTER
Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk
menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer
system) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware.
Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan
membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software,
demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada
manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
Sebuah sistem komputer tersusun atas tiga elemen, yaitu
1. Hardware (Perangkat Keras), merupakan rangkaian elektronika
2. Software (Perangkat Lunak), merupakan program yang dijalankan
pada komputer
3. Brainware (SDM), manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan
system computer.
Perangkat Keras
Perangkat keras komputer secara garis besar terdiri atas tiga komponen
utama, yaitu
1. Processor, merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang
melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian
operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian
utama, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit.
Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock
dari Control Unit-nya. Contoh : jika prosesor memiliki frekuensi clock
350 MHz, berarti kecepatan pemprosesan satu instruksinya = T = 1/f =
1/(350 x 10
6
Hz), = 0,286 x 10
-8
detik.
2. Memory, berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua yaitu
a. Primary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data dan
instruksi dari program yang sedang dijalankan. Biasa juga
disebut sebagai RAM.
Karakteristik dari memori primer adalah
- Volatil (informasi ada selama komputer bekerja. Ketika
komputer dipadamkan, informasi yang disimpannya juga
hilang)
- kecepatan tinggi
- akses random (acak)
- I/O Device memori
b. Secondary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data atau
program biner secara permanen. Karakteristik dari memori
sekunder adalah
- non volatil atau persisten
- kecepatan relatif rendah (dibandingkan memori primer)
- akses random atau sekuensia
Contoh memori sekunder : floppy, harddisk, CD ROM, magnetic
tape, optical disk, dll. Dari seluruh contoh tersebut, yang
memiliki mekanisme akses sekuensial adalah magnetic tape
3. Input-Output Device, merupakan bagian yang berfungsi sebagai
penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya. Dapat
dibagi menjadi dua kelompok, yaitu
a. Input Device (Piranti Masukan), berfungsi sebagai media
komputer untuk menerima masukan dari luar. Beberapa contoh
piranti masukan :
- keyboard
- mouse
- touch screen
- scanner
- camera
- modem
- network card
- dll
b. Output Device (Piranti Keluaran), berfungsi sebagai media
komputer untuk memberikan keluaran. Beberapa contoh piranti
masukan :
- Monitor
- Printer
- Speaker
- Plotter
- Modem
- network card
- dll
Perangkat Lunak
Perangkat lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut
1. Sistem Operasi, merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan
komputer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain
atau dengan pengguna. Contoh sistem operasi : MS DOS, MS
Windows (dengan berbagai generasi), Macintosh, OS/2, UNIX (dengan
berbagai versi), LINUX (dengan berbagai distribusi), NetWare, dll
2. Program Utilitas, merupakan program khusus yang berfungsi sebagai
perangkat pemeliharaan komputer, seperti anti virus, partisi hardisk,
manajemen hardisk, dll. Contoh produk program utilitas : Norton
Utilities, PartitionMagic, McAfee, dll
3. Program Aplikasi, merupakan program yang dikembangkan untuk
memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh : aplikasi akuntansi,
aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll
4. Program Paket, merupakan program yang dikembangkan untuk
kebutuhan umum, seperti :
- Pengolah kata /editor naskah : Wordstar, MS Word, Word Perfect,
AmiPro, dll
- Pengolah angka / lembar kerja : Lotus123, MS Excell, QuattroPro,
dll
- Presentasi : MS PowerPoint, dll
- Desain grafis : CorelDraw, PhotoShop, dll
5. Bahasa Pemprograman, merupakan perangkat lunak untuk
pembuatan atau pengembangan perangkat lunak lain. Bahasa
pemprograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tingkat
sedang, dan tingkat tinggi. Pergeseran dari tingkat rendah ke tinggi
menunjukkan kedekatan dengan ‘bahasa manusia’. Bahasa tingkat
rendah (atau biasa disebut bahasa assembly) merupakan bahasa Komputer & Perkembangannya 12
dengan pemetaan satu persatu terhadap instruksi komputer. Contoh
bahasa tingkat tinggi : Pascal, BASIC, Prolog, Java dll. Contoh bahasa
tingkat menengah : bahasa C. Seperti perangkat lunak lain, bahasa
pemprograman juga memiliki pertumbuhan generasi.
Brainware (SDM)
Terdapat berbagai peran yang dapat dilakukan manusia dalam bagian sistem
komputer. Beberapa peran di antaranya adalah
1. Analis Sistem, berperan melakukan analisis terhadap permasalahan
yang dihadapi, serta merancang solusi pemecahannya dalam bentuk
program komputer.
2. Programmer, berperan menerjemahkan rancangan yang dibuat analis
kedalam bahasa pemprograman sehingga solusi dapat dijalankan oleh
komputer
3. Operator, bertugas menjalankan komputer berdasarkan instruksi yang
diberikan
4. Teknisi, bertugas merakit atau memelihara perangkat keran komputer
KLASIFIKASI KOMPUTER
Berdasarkan Sinyal Masukan
Berdasarkan sinyal masukan, komputer dapat diklasifikasikan menjadi
1. Komputer Analog, menerima sinyal masukan berupa data analog.
Contoh : komputer penghitung aliran BBM dalam SPBU
2. Komputer Digital, mernerima masukan digital, merupakan komputer
kebanyakan yang kita kenal.
3. Komputer hibrid, menerima masukan analog dan digital
Komputer & Perkembangannya 13
Berdasarkan Ukuran
Berdasarkan ukuran fisik dan kapabilitasnya, komputer dapat diklasifikasikan
menjadi
1. Komputer mikro, berukuran kecil, biasanya dipergunakan oleh satu
orang. Contoh : PC, Notebook, Palmtop, PDA, dll
2. Komputer Mini, berukuran lebih besar, biasa digunakan untuk
kebutuhan pekerjaan yang lebih besar juga. Contoh : komputer Alfa,
dll
3. Supercomputer, merupakan komputer berkinerja amat tinggi,
biasanya untuk memenuhi kebutuhan pemprosesan yang amat besar.
Contoh : Cray, DeepBlue, EarthSimulator, dll
4. Mainframe
Berdasarkan Generasi
Berdasarkan generasi teknologi penyusunnya, komputer dapat
diklasifikasikan menjadi
1. Generasi I, tahun 1946-1959, menggunakan tabung hampa
2. Generasi II, tahun 1959-1965, menggunakan transistor
3. Generasi III, tahun 1965-1970, menggunakan IC (Integrated Circuit)
4. Generasi IV, tahun 1970-sekarang, menggunakan VLSI (Very Large
Scale IC)
Berdasarkan Tujuan Pembuatan
Berdasarkan tujuan pembuatan, komputer dapat diklasifikasikan menjadi
1. General Purpose, merupakan komputer yang dikembangkan untuk
kebutuhan umum. Contoh : PC, Notebook, dll
2. Special Purpose, merupakan komputer yang dikembangkan untuk
kebutuhan khusus. Contoh : komputer khusus untuk bermain catur
mengolah data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan
dalam memori, serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu.
Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti
menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan
peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.
Menurut Hamacher :
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat
menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan
program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa
informasi.
Menurut Blissmer :
mengatakan bahwa, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu
melakukan beberapa tugas sebagai berikut: menerima input, memproses
input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil
dari pengolahan, menyediakan output dalam bentuk informasi.
Menurut Fuori :
berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat
melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika
dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
SISTEM KOMPUTER
Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk
menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer
system) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware.
Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan
membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software,
demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada
manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
Sebuah sistem komputer tersusun atas tiga elemen, yaitu
1. Hardware (Perangkat Keras), merupakan rangkaian elektronika
2. Software (Perangkat Lunak), merupakan program yang dijalankan
pada komputer
3. Brainware (SDM), manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan
system computer.
Perangkat Keras
Perangkat keras komputer secara garis besar terdiri atas tiga komponen
utama, yaitu
1. Processor, merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang
melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian
operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian
utama, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit.
Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock
dari Control Unit-nya. Contoh : jika prosesor memiliki frekuensi clock
350 MHz, berarti kecepatan pemprosesan satu instruksinya = T = 1/f =
1/(350 x 10
6
Hz), = 0,286 x 10
-8
detik.
2. Memory, berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua yaitu
a. Primary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data dan
instruksi dari program yang sedang dijalankan. Biasa juga
disebut sebagai RAM.
Karakteristik dari memori primer adalah
- Volatil (informasi ada selama komputer bekerja. Ketika
komputer dipadamkan, informasi yang disimpannya juga
hilang)
- kecepatan tinggi
- akses random (acak)
- I/O Device memori
b. Secondary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data atau
program biner secara permanen. Karakteristik dari memori
sekunder adalah
- non volatil atau persisten
- kecepatan relatif rendah (dibandingkan memori primer)
- akses random atau sekuensia
Contoh memori sekunder : floppy, harddisk, CD ROM, magnetic
tape, optical disk, dll. Dari seluruh contoh tersebut, yang
memiliki mekanisme akses sekuensial adalah magnetic tape
3. Input-Output Device, merupakan bagian yang berfungsi sebagai
penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya. Dapat
dibagi menjadi dua kelompok, yaitu
a. Input Device (Piranti Masukan), berfungsi sebagai media
komputer untuk menerima masukan dari luar. Beberapa contoh
piranti masukan :
- keyboard
- mouse
- touch screen
- scanner
- camera
- modem
- network card
- dll
b. Output Device (Piranti Keluaran), berfungsi sebagai media
komputer untuk memberikan keluaran. Beberapa contoh piranti
masukan :
- Monitor
- Printer
- Speaker
- Plotter
- Modem
- network card
- dll
Perangkat Lunak
Perangkat lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut
1. Sistem Operasi, merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan
komputer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain
atau dengan pengguna. Contoh sistem operasi : MS DOS, MS
Windows (dengan berbagai generasi), Macintosh, OS/2, UNIX (dengan
berbagai versi), LINUX (dengan berbagai distribusi), NetWare, dll
2. Program Utilitas, merupakan program khusus yang berfungsi sebagai
perangkat pemeliharaan komputer, seperti anti virus, partisi hardisk,
manajemen hardisk, dll. Contoh produk program utilitas : Norton
Utilities, PartitionMagic, McAfee, dll
3. Program Aplikasi, merupakan program yang dikembangkan untuk
memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh : aplikasi akuntansi,
aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll
4. Program Paket, merupakan program yang dikembangkan untuk
kebutuhan umum, seperti :
- Pengolah kata /editor naskah : Wordstar, MS Word, Word Perfect,
AmiPro, dll
- Pengolah angka / lembar kerja : Lotus123, MS Excell, QuattroPro,
dll
- Presentasi : MS PowerPoint, dll
- Desain grafis : CorelDraw, PhotoShop, dll
5. Bahasa Pemprograman, merupakan perangkat lunak untuk
pembuatan atau pengembangan perangkat lunak lain. Bahasa
pemprograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tingkat
sedang, dan tingkat tinggi. Pergeseran dari tingkat rendah ke tinggi
menunjukkan kedekatan dengan ‘bahasa manusia’. Bahasa tingkat
rendah (atau biasa disebut bahasa assembly) merupakan bahasa Komputer & Perkembangannya 12
dengan pemetaan satu persatu terhadap instruksi komputer. Contoh
bahasa tingkat tinggi : Pascal, BASIC, Prolog, Java dll. Contoh bahasa
tingkat menengah : bahasa C. Seperti perangkat lunak lain, bahasa
pemprograman juga memiliki pertumbuhan generasi.
Brainware (SDM)
Terdapat berbagai peran yang dapat dilakukan manusia dalam bagian sistem
komputer. Beberapa peran di antaranya adalah
1. Analis Sistem, berperan melakukan analisis terhadap permasalahan
yang dihadapi, serta merancang solusi pemecahannya dalam bentuk
program komputer.
2. Programmer, berperan menerjemahkan rancangan yang dibuat analis
kedalam bahasa pemprograman sehingga solusi dapat dijalankan oleh
komputer
3. Operator, bertugas menjalankan komputer berdasarkan instruksi yang
diberikan
4. Teknisi, bertugas merakit atau memelihara perangkat keran komputer
KLASIFIKASI KOMPUTER
Berdasarkan Sinyal Masukan
Berdasarkan sinyal masukan, komputer dapat diklasifikasikan menjadi
1. Komputer Analog, menerima sinyal masukan berupa data analog.
Contoh : komputer penghitung aliran BBM dalam SPBU
2. Komputer Digital, mernerima masukan digital, merupakan komputer
kebanyakan yang kita kenal.
3. Komputer hibrid, menerima masukan analog dan digital
Komputer & Perkembangannya 13
Berdasarkan Ukuran
Berdasarkan ukuran fisik dan kapabilitasnya, komputer dapat diklasifikasikan
menjadi
1. Komputer mikro, berukuran kecil, biasanya dipergunakan oleh satu
orang. Contoh : PC, Notebook, Palmtop, PDA, dll
2. Komputer Mini, berukuran lebih besar, biasa digunakan untuk
kebutuhan pekerjaan yang lebih besar juga. Contoh : komputer Alfa,
dll
3. Supercomputer, merupakan komputer berkinerja amat tinggi,
biasanya untuk memenuhi kebutuhan pemprosesan yang amat besar.
Contoh : Cray, DeepBlue, EarthSimulator, dll
4. Mainframe
Berdasarkan Generasi
Berdasarkan generasi teknologi penyusunnya, komputer dapat
diklasifikasikan menjadi
1. Generasi I, tahun 1946-1959, menggunakan tabung hampa
2. Generasi II, tahun 1959-1965, menggunakan transistor
3. Generasi III, tahun 1965-1970, menggunakan IC (Integrated Circuit)
4. Generasi IV, tahun 1970-sekarang, menggunakan VLSI (Very Large
Scale IC)
Berdasarkan Tujuan Pembuatan
Berdasarkan tujuan pembuatan, komputer dapat diklasifikasikan menjadi
1. General Purpose, merupakan komputer yang dikembangkan untuk
kebutuhan umum. Contoh : PC, Notebook, dll
2. Special Purpose, merupakan komputer yang dikembangkan untuk
kebutuhan khusus. Contoh : komputer khusus untuk bermain catur
Terimakasih telah membaca artikel di atas. Silahkan berkomentar dengan sopan.